Strategic Square – Apakah atau Tidak Pemasaran adalah Perang

Baru-baru ini saya menerima panggilan telepon dari perusahaan yang ingin berbicara dengan saya tentang strategi, biasanya strategi merek atau strategi produk, duduk di depan banyak orang yang menggunakan berbagai istilah dan terminologi yang berbeda. Saya harus mengatakan bahwa saya pribadi sangat percaya pada strategi perencanaan jangka panjang, namun saya mengerti bahwa kadang-kadang perilaku tidak ideal dan perencanaan tidak selalu datang pada akhirnya. Ini tidak sesempurna dan terkadang kita perlu cepat & kotor. Saya ingat waktu kecil orang tua saya mengirimi saya permainan catur. Nah apa yang bisa Anda lakukan, orang tua saya percaya bahwa melalui "pelatihan" anak = akan menjadi pintar dan mereka mengirim saya ke hampir setiap kelas mungkin, saya harus mengakui bahwa dalam retrospeksi lingkaran catur adalah salah satu yang menarik, berpikir, merencanakan, kemampuan membaca bergerak, aksi (terdengar agak aneh, saya tahu tapi ini adalah simulator perang yang luar biasa) tidak ada keraguan bahwa ini adalah salah satu permainan yang paling menarik (untuk pendapat saya tentu saja) saya ingat bagaimana saya mengagumi guru saya, kemampuannya bermain dengan beberapa orang secara bersamaan dan sering mengalahkan mereka, bagi saya ini adalah tugas lain yang pada waktunya menjadi bagian utama dalam hidup saya bukan karena saya menjadi besar pemain catur tetapi lebih banyak belajar tentang prinsip-prinsip strategi … sebagai dasar untuk semua pemasaran membutuhkan hari ini, saya begitu terpaku, kecanduan, bahwa saya bahkan mencari buku "Seni Perang" oleh Sun Tzu (saya sangat menyarankan Anda membaca versi asli), saya menemukan sumbernya di Nepal Setelah banyak pengembaraan di antara perpustakaan, penerbit dan gudang perangko – harganya $ 5 – dan itu adalah keharusan di setiap perpustakaan pemasaran!

Saya mulai bermain catur dan ada waktu ketika Internet tiba saya menemukan diri saya tertarik ke dunia pertempuran dan permainan perang ini (ya saya juga mendapati diri saya kehilangan tidur selama pertandingan "perang warcraft"), saya juga ingat pertandingan melawan Kasparov … 🙂 Jangan khawatir itu bukan kepala up (saya mungkin tidak akan memiliki kesempatan) Saya pikir ada lusinan pemain, dia bermain melawan kami semua pada saat yang sama, saya kalah dalam 24 gerakan (saya benar-benar bangga … … skakmat! … dan saya yakin banyak orang akan setuju dengan saya bahwa catur adalah salah satu permainan strategi yang paling berpengaruh dan awal yang baik untuk apa yang akan saya bicarakan sekarang.

Jadi apa strategi itu?

Strategi pada dasarnya adalah rencana jangka panjang yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu, saya juga menekankan fakta bahwa strategi bukanlah taktik (taktik adalah tugas langsung atau tindakan yang berasal dari strategi utama) sumber untuk semuanya adalah bahasa Yunani, yang pernah melihat film "300" mungkin akan mengerti apa yang saya bicarakan (produksi hebat …….), kemampuan untuk membela dan menyerang pasukan besar dengan pasukan kecil tentara trampil … sejarah mengajarkan kita banyak tentang konflik seperti itu dan itu digambarkan dengan indah oleh "YA Ries (seorang guru saya), banyak negara memiliki perang, bahkan di sini di negara kita, Anda memahami perang apa, terutama tentara besar melawan pasukan kecil, saya kira Anda akan setuju bahwa ada wawasan yang sangat menarik di sini dan mungkin sedikit menakutkan dan menimbulkan beberapa pertanyaan – Apakah pemasaran = perang? (Sedikit filosofis yang saya tahu tapi saya akan mencoba untuk menghubungkannya dengan dunia internet..ini agak panjang tapi mencoba bertahan)

Jika kita mencoba menganalisis peristiwa dan pertempuran di dunia bisnis, kita dapat menyetujui (tidak semua dari kita) bahwa ada kotak pemasaran strategis, ada deskripsi yang "melukis" dengan sempurna:

Pemasaran defensif – biasanya digunakan oleh pemimpin pasar

* Hanya pemimpin pasar yang harus mempertimbangkan apakah akan menggunakan pemasaran defensif

* Strategi pertahanan terbaik adalah keberanian untuk menyerang diri sendiri

* Gerakan pemasaran yang kuat selalu perlu diblokir!

Serangan pemasaran – biasanya cocok dengan nomor 2 (perusahaan yang # 2 di pasar, pengikut)

* Prinsip pentingnya adalah memeriksa seberapa kuat pemimpin pasar

* Selalu mencoba untuk menemukan kekuatan dan kelemahan dari perusahaan terkemuka dan menyerangnya

* Merupakan ide yang baik untuk memfokuskan serangan saluran yang sempit (lihat film 300 :-))

Pemasaran "mengapit" – biasanya digunakan oleh perusahaan kecil

* Pindah baik mengapit akan selalu menjadi hal yang baik di mana tidak ada kompetisi ("ceruk")

* Taktik "kejutan" adalah komponen penting

* Pengejaran sangat penting sebagai serangan

Guerrilla Marketing – Seperti yang saya sebutkan konsep popularitas saat ini (hampir semua orang yang saya temui menyebutkan ini) 🙂 – biasanya untuk perusahaan lokal / "regional" atau perusahaan kecil

* Temukan satu segmen yang mungkin cukup kecil untuk dilindungi

* Tidak peduli seberapa sukses tidak berpikir Anda seperti pemimpin pasar

* Bersiaplah untuk menarik diri dan pergi ke mana saja dengan pemberitahuan singkat

Bersiaplah untuk memilih strategi yang tepat, perencanaan dan pemecahannya dengan benar akan memposisikan Anda lebih baik dan akan memungkinkan Anda untuk menjadi pemain yang serius di pasar.

Saya tidak bisa menahan diri tetapi pemasaran gerilya adalah istilah yang banyak digunakan saat ini, terutama online, itu benar-benar menjadi kata "seksi" nyata yang digunakan setiap orang (kita hidup di negara yang penuh dengan perang yang sedang berlangsung dan setiap hari jadi saya bertanya-tanya mungkin itulah yang membuatnya jadi "seksi." dan populer). Banyak yang menyebut / menamai pemasaran sosial (pemasaran sosial atau pemasaran komunitas sebagai pemasaran gerilya yang tidak sepenuhnya akurat, pemasaran gerilya secara harfiah = sebuah perusahaan kecil dengan sumber daya pemasaran kecil yang dihadapi perusahaan besar dengan banyak sumber daya – ini bukan teori pemasaran baru – seperti tentara J tentara kecil melawan tentara besar dan penting untuk memahaminya, perang gerilya adalah kompleks dan unik (dan kita semua tahu bahwa kita belum menang dulu) tetapi itu berasal dari tempat tertentu dan memiliki tujuan tertentu, jadi apa strategi yang tepat daripada?

itu mungkin sedikit filosofis (posting ini sedikit seperti itu) tetapi saya selalu diajari bahwa Anda harus bekerja dari atas ke bawah, pada kenyataannya filosofi, strategi dan taktik, bekerja untuk saya secara pribadi dan saya kira itu untuk banyak orang lain … penting bagi saya untuk mencatat beberapa poin penting yang saya khawatir tidak cukup diterapkan

Menjadi lebih berorientasi pada klien / pelanggan

Kebanyakan manajer pemasaran historis berorientasi pada pelanggan, mereka menyadari bahwa pelanggan adalah poros perusahaan, hari ini Internet telah membawa gairah lain, gairah produktivitas, melakukan sesuatu dengan cepat dan cepat, orientasi jelas mulai berubah, perhatian rendah terhadap pelanggan = jutaan rendah dolar baru saja lenyap untuk Anda, Mungkin pada awal abad lalu yang merupakan periode pembuatan industri (di abad terakhir ini niscaya produktivitas dan nilai produksi adalah semuanya) itu berhasil tetapi sekarang digantikan oleh propellant strategi baru, riset pasar adalah yang kedua adalah opini publik – mulai sekarang … hanya pelanggan dan apa yang mereka inginkan. Jadi sebelum meluncurkan startup berikutnya, coba gali sedikit lebih dalam apa pasar Anda, siapa pelanggannya dan apa yang mereka inginkan – bukan apa yang Anda inginkan !

Menjadi berorientasi pada persaingan

Untuk menjadi sukses saat ini setiap perusahaan harus mengetahui persaingan, perusahaan harus mencari celah dan kelemahan perusahaan pesaing untuk menyerang atau bergerak, selalu mencoba untuk menyadari apa yang dilakukan pesaing, mencoba untuk membuat / mengimplementasikan proses yang melakukan koleksi reguler dan analisis persaingan pasar, terutama di tempat startup adalah analisis persaingan yang biasanya digunakan untuk rencana bisnis dan entah bagaimana dilupakan setelah peluncuran produk, ini adalah proses yang berkelanjutan, awasi mereka, baca pesan mereka, uji produk mereka menemukan fitur baru, mengikuti langkah mereka, mendokumentasikannya dan bereaksi sesuai … Jangan tertidur, tolong! Seperti kata San Tzu – jaga temanmu tetap dekat dan musuhmu lebih dekat!

Jadi mungkin pemasaran memang sebuah perang, pesaing adalah musuh dan tujuannya adalah untuk memenangkan pertempuran dan seluruh perang, saya tahu bahwa itu sedikit berkonotasi negatif Siapa tahu analogi lain mungkin akan terdengar lebih baik tetapi saya tidak bisa memikirkan yang lebih baik (mohon maaf sebelumnya).

Strategi produk yang bagus

Setiap orang yang saya temui biasanya memiliki produk terbaik, tidak peduli pasar apa yang ada atau apa atau siapa saja pemain di sekitar mereka, entah bagaimana produk perusahaan selalu lebih baik daripada produk lainnya di pasar (saya sering mendengar: "Tidak ada yang namanya , "atau" kami lebih baik "tetapi entah bagaimana mereka adalah pemimpin pasar!, Anda mendapatkan gambar …), saya pribadi mengerti bahwa kadang-kadang Anda jatuh cinta dengan produk dan itu bagus, tapi jangan buta! Dan jangan meremehkan pesaing, intinya adalah bahwa Anda harus menghormati setiap orang yang bekerja di ruang Anda, bahkan persaingan … terutama persaingan prinsipnya sangat sederhana, bahkan jika Anda berpikir bahwa produk Anda adalah yang terbaik untuk Anda pelanggan di sana akan ada dua kemungkinan tanggapan:

1. wow … ini produk yang luar biasa

2. Tidak …

Anda selalu dapat mencoba untuk meyakinkan klien bahwa jawaban yang dipilih adalah benar tetapi sekali pelanggan telah memutuskan bahwa hampir tidak mungkin untuk mengubah pikirannya – bagi pelanggan itu adalah kebenarannya yang penting, bukan milik Anda, bahkan jika produk tersebut adalah hal terbaik yang pernah ada tidak berarti bahwa klien berpikir itu, di mata orang yang melihatnya dan itu berlaku untuk semua yang Anda lakukan, apakah itu brosur, iklan atau iklan televisi – apa yang Anda pikirkan atau rasakan tidak terlalu penting.

Jika kamu sangat pintar, mengapa kamu tidak kaya?

Bahkan jika Anda berhasil meyakinkan pelanggan bahwa produk Anda lebih baik dia akan selalu bertanya pada dirinya sendiri, "Tunggu … jika Anda begitu baik, bagaimana bisa Anda tidak memimpin pasar? …" "Jika Anda sangat pintar … jadi kenapa kamu tidak kaya? … "- dalam perang pemasaran kita tidak bisa menang hanya tentang menjadi benar, ini adalah ilusi, dalam jangka panjang kemenangan produk yang lebih baik, sejarah ditulis oleh pemenang, pemenang akan selalu memiliki produk yang lebih baik karena mereka adalah orang yang tersedia untuk mengatakannya.

Matematika menjadi defensif

di medan perang terbuka itu cukup jelas (sebagian besar waktu) bagi mereka dengan tentara yang lebih terampil mungkin akan menang tetapi tidak berlaku untuk kasus di mana satu pihak memilih untuk membela diri, jika kita melihat secara historis kita menemukan bahwa pertahanan telah membuktikan dirinya sebagai lebih kuat dari serangan apakah itu dalam Perang Korea, Perang Selatan Utara AS, Perang Vietnam dan banyak perang lainnya, dalam perang yang dimenangkan bek, mungkin penyerang tampaknya memuji dirinya sendiri dan mengklaim bahwa dia menang tetapi hasilnya menunjukkan hal yang berbeda (Sulit untuk mengakui bahwa Anda kehilangan terutama jika Anda adalah orang yang menyerang lebih dulu) serangan lebih populer dan akan selalu mengambil aura aura, itu menimbulkan pertanyaan, jika perlindungan adalah hal yang baik jadi mengapa tidak melakukannya sepanjang waktu? , sangat sederhana: sebuah merek yang berhasil membangun dirinya setelah kemenangan dapat membangun dirinya lebih lama dan berkonsentrasi membela diri, Google misalnya .. baik mereka tidak perlu menyerang siapa pun, mereka menetapkan diri sebagai merek dan sebagai pemain utama di pasar pencarian dan mereka telah melakukannya melawan pesaing besar yang kuat (yahoo dan Microsoft) dan sekarang jauh lebih mudah untuk mempertahankan dan memblokir gerakan ofensif – secara paradoks saya akan mengatakan …

Realitas konflik dalam pemasaran

cukup jelas bagi kita bahwa kita harus inovatif dan kreatif, dan seiring berjalannya waktu, kita harus menemukan cara untuk memperbaiki metodologi, lebih tahu bagaimana melawan dan mempertahankan diri kita dengan lebih baik, ini adalah proses alami yang saya kira, persaingan menjadi brutal dan permainan menjadi "Mari kita kendalikan bisnis orang lain" Sebagai sebuah perusahaan mencoba untuk meningkatkan penjualan, setiap perusahaan akan mengetahui bahwa untuk meningkatkan penjualan dan menembus lebih banyak akan perlu untuk memperdalam dan mengeksplorasi lebih banyak strategi untuk peperangan .. hanya agresif … tidak akan memotongnya …. itu tidak cukup, itu bukan satu-satunya strategi di luar sana, jika kita melihat wawasan ini dari bangku itu terlihat agak aneh, di satu sisi kita menjadi generasi "lebih", lebih banyak produk, lebih banyak orang, lebih banyak pekerjaan, lebih banyak laporan, lebih banyak pertemuan administratif, lebih dari segalanya dan tidak mengherankan kita juga merasa lebih baik ketika kita berhasil melalui kerja keras kita merasa lebih puas dan di sisi lain sejarah mengajarkan kita sebaliknya , Jerman bahkan diciptakan sebuah kata untuk itu – Blitzkrieg = serangan brutal berhembus ketika waktunya tepat, bagaimanapun jika serangan itu tidak direncanakan dengan benar, Anda membuang kelebihan Anda, jika bos Anda mengatakan "Kami harus menggandakan upaya kami" Anda mungkin mendengarkan ucapan pecundang ( tidak bermaksud menyinggung siapapun, amit-amit), itu adalah orang pintar yang menyertai saya selalu berkata:

Berpikir cepat dan bicara lambat

Pikirkan lebih pintar dan tidak lagi.

Terus? Perang atau tidak?

Posting berikutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan sedikit lebih mendalam masalah perang gerilya di internet dan bagaimana kita dapat memenangkan pertempuran bahkan jika kita bukan pemimpin pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *